Home » » Catatan dari 'Tim Samba' Brasil Piala Dunia 2010

Catatan dari 'Tim Samba' Brasil Piala Dunia 2010

Written By Ahmad Subhan Husein on Friday, 2 July 2010 | 15:57

Si pemegang gelar juara dunia lima kali itu tertunduk setelah gol Wesley Sneijder membawa Belanda unggul 2-1. Brasil, yang bermain dengan 10 orang sejak Felipe Melo dikartu merah, tak mampu menyamakan kedudukan.Tetapi Brasil meninggalkan beberapa catatan menarik dari kekalahan tersebut. Berikut adalah beberapa di antaranya, seperti dikutip dari Opta.

* Sebelum takluk di tangan Belanda, Brasil belum pernah kalah dalam 42 pertandingan pada Piala Dunia yang dihelat di luar Eropa. Terakhir kali Brasil kalah adalah dari Uruguay di Piala Dunia 1950 yang dihelat di negara mereka sendiri.

* Sejak 1966, Brasil adalah tim terbanyak dalam hal mencetak gol dari luar kotak penalti. Jumlahnya, ada 33 gol.

* Kaka menjadi pencetak assist terbanyak di Piala Dunia 2010 sejauh ini. Bersama Thomas Mueller (Jerman), ia menorehkan tiga assist. Namun, Kaka gagal mendulang satu buah gol pun.

* Dalam 24 tahun terakhir, tim yang menang melawan Brasil meski gawang mereka kebobolan adalah Norwegia pada 1998. Catatan ini kemudian baru saja disamai oleh Belanda. Kebetulan, Norwegia dan Belanda sama-sama menang 2-1.

* Akibat gol bunuh diri Felipe Melo, Brasil untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia merasakan kebobolan dari pemainnya sendiri.

* Felipe Melo menjadi pemain pertama di Piala Dunia yang mencetak gol bunuh diri sekaligus dikartu merah pada pertandingan yang sama.
Share this article :

Post a Comment

Setiap komentar kamu akan sangat berarti bagi saya untuk bisa menjadi lebih baik....trim,s