Home » » Ghana Tersingkir di Semifinal Piala Dunia 2010 Lewat Adu Penalti VS Uruguay

Ghana Tersingkir di Semifinal Piala Dunia 2010 Lewat Adu Penalti VS Uruguay

Written By Ahmad Subhan Husein on Friday, 2 July 2010 | 15:51

Afrika Selatan - Uruguay berhasil melangkah ke babak semifinal usai mengalahkan Ghana lewat adu penalti dengan skor 4-2 setelah bermain 1-1 di 120 menit waktu laga.

Laga antara Uruguay versus Ghana digelar di Soccer City Stadium, Sabtu (3/7/2010) dinihari WIB.

Ghana mendominasi babak pertama dan berhasil membuka skor lewat gol Sulley Muntari di menit 45, tepat beberapa saat sebelum turun minum. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.Akan tetapi, Uruguay akhirnya berhasil membalas di babak kedua. Adalah Diego Forlan yang membuat kedudukan skor berubah menjadi 1-1 di menit 55 melalui tendangan bebas.

Selanjutnya, kedua tim saling berbalas serangan. Namun tidak ada gol tambahan yang terjadi dan laga pun berlanjut ke babak tambahan 2x15 menit yang juga tidak ada gol tambahan yang tercipta. Malang buat Uruguay menjelang berakhirnya extra time mereka harus kehilangan Luis Suarez yang diberi kartu merah. Ia memblok bola dengan tangannya dan wasit menunjuk titik putih. Sayang Asamoah Gyan yang menjadi eksekutor gagal melakukan tugasnya dan skor 1-1 tidak berubah hingga perpanjangan waktu.

Akhirnya pemenang harus ditentuan lewat adu penalti. Dari kelima penendang Uruguay hanya Maximiliano Pareira yang gagal. Sementara dari pihak Ghana terdapat dua pemain yang gagal mengeksekusi yakni Jonathan Mensah dan Dominic Adiyah.Kemenangan ini sukses membawa La Celeste menembus babak semifinal dan akan menghadapi Belanda yang sebelumnya mengalahkan Brasil 2-1.

Jalannya Pertandingan

Uruguay membuka peluangnya di menit keenam lewat Egidio Arevalo. Pemain gundul ini melesakkan tendangan keras dari luar kotak penalti namun bola masih terlalu melebar.Suarez! Di menit 11, ia menggiring bola ke sayap kiri yang lantas membuat sepakan kaki kanan ke arah gawang. Sayang masih terlalu mudah ditangkap Richard Kingson.Dua menit berselang Uruguay mendapat peluang lagi. Sebuah tendangan bebas Forlan tidak dapat ditangkap sempurna oleh Kingson dan beruntung wasit keburu meniup peluitnya usai Kingson-Suarez terlibat perebutan bola.Kingson melakukan penyelamatan penting. Sepak pojok Forlan di menit 17 disundul oleh Edinson Cavani namun membentur badan Jonathan Mensah dan mengarah tepat ke tangkapan Kingson.Suarez membuat Kingson berjibaku. Di menit 25, ia berhasil melepas tendangan keras dan lagi-lagi bisa diselamatkn oleh Kingson.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, Ghana berhasil membuat dua ancaman yang nyaris berbuah gol. Sayang tandukan Isaac Vorsah dan tendangan Gyan tipis saja melebar di kiri gawang Fernando Muslera.Menit 34, Muslera menyelamatkan gawangnya. Kevin-Prince Boateng mengirim umpan kepada Gyan namun umpannya terlalu panjang.Muntari melahirkan ancaman lain dari Ghana. Bola yang datang ke tiang jauh gawang lawan, Muntari menerimanya dengan sundulan tapi mas melebar ke kiri gawang Muslera.

Bombardir serangan Ghana akhirnya melahirkan sebuah gol di menit 45, tepat beberapa saat sebelum turun minum. Muntari melepas sebuah tembakan keras yang membentur lapangan dan sukses meluncur ke gawang Uruguay tanpa bisa dijangkau Muslera. Ghana memimpin 1-0 hingga jeda.

Uruguay langsung menekan begitu babak kedua baru berusia dua menit. Cavani mendapat tekel dari Vorsah di kotak penalti namun wasit menyatakan itu bukan pelanggaran. Gol! Uruguay menyamakan skor berkat Forlan di menit 55. Lewat sebuah tendangan bebas, Forlan menyepak bola ke arah kiri gawang Ghana dan Kingson salah langkah sehingga gagal menjangkau bola.

Kurang dari 10 menit kemudian, Uruguay bikin pertahanan Ghana cukup kedodoran. Dua buah serangannya dari Cavani dan Suarez nyaris saja merobek gawang Kingson.Suarez! Fucile mengoper bola di kotak penalti kepada Suarez dan diteruskan dengan sepakan keras dari kiri lapangan Ghana di menit 70. Sayang bola sepakan Suarez bisa ditepis Kingson.

Bad pass Mauricio Victorino hampir saja berakibat fatal buat timnya. Menit 72 Bola lantas yang mengenai Gyan disambar saja oleh pemain itu lalu diteruskannya menjadi tendangan keras yang masih bisa ditangkap Muslera.Peluang lain diperoleh Suarez enam menit berselang. Berawal dari umpan Forlan di kotak penalti disambut oleh sundulan Suarez. Sial bagi dia, bola masih menyamping.

Tiga menit kemudian, Uruguay membuang sebuah peluang emas. Maximiliano Pareira mendapat bola dan menggiringnya mendekati kotak penalti lantas melepas tembakan. Bola melebar jauh. Padahal gol bisa saja lahir karena dua pemain Uruguay lain berada di posisi yang lebih menguntungkan dari Pareira.

Skor 1-1 bertahan hingga bubar. Dan pertandingan berlanjut ke babak extra time.

Babak Extra Time

Ghana mendapat peluang pertamanya di babak ini. Baru lima menit berjalan Kwadwo Asamoah melepas tendangan keras dari luar kota penalti dan hasilnya masih jauh melebar.Menit 97, Arevalo bikin kesalahan yang bisa saja membuat Ghana balik memimpin. Ia kehilangan penguasaan bola yang disambar Gyan. Untunglah ada Andre Scotti.Nicolas Lodeiro mendapat peluang di menit 103. Dia yang berada di belakang para bek Ghana melepas tembakan datar. Kingson tampil prima dan kembali menggagalkan tembakan itu.

Gyan! Stephan Appiah mengumpan kepada Gyan yang diteruskannya dengan tandukan di menit 109. Bola melambung jauh ke atas mistar Muslera.

Empat menit berselang, Gyan mengancam lagi. Ia mendapat umpan lambung tetap bola gagal diamankan dengan baik oleh Scotti. Bola bergulir ke arah gawang dan bisa diamankan oleh Fucile.Boateng! Menit 118, ia membuat tandukan yang tipis saja melambung di atas gawang Muslera. Semenit kemudian, Boateng mengancam lewat tendangan lambungnya.

Menjelang berakhirnya babak ini, kemelut gawang terjadi di gawang Uruguay. Suarez yang berada di bawah mistar gawang terlihat memblok bola lawan dengan tangannya. Tanpa ampun wasit memberi bomber itu dengan kartu merah sekaligus menunjuk titik penalti bagi Ghana.

Gyan yang tampil sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Sepakan dia hanya membentur mistar gawang Muslera dan skor 1-1 berakhir hingga babak ini selesai. Laga dilanjutkan dengan adu penalti.

Adu Penalti

Babak adu penalti ini diawali dengan Uruguay dengan Forlan sebagai algojo pertamanya. Masuk! Tendangan Forlan mengecoh Kingson. 1-0 Uruguay memimpinGhana menyamakan skor 1-1 oleh Gyan. Tendangannya masuk ke sudut kiri atas gawang Muslera.Victorino berhasil mengerjakan tugasnya. Bola bersarang di sudut kanan atas Kingson. 2-1 Uruguay2-2 kedudukan sama berkat Appiah. Sepakannya bersarang di kiri atas gawang Uruguay.Scotti untuk Uruguay 3-2. Kingson yang terlanjur menjatuhkan diri ke kanan gagal padahal bola di arahkan ke kiri.Mensah untuk Ghana gagal. Arah bola ditebak oleh Muslera dan berhasil di blok Uruguay masih memimpin 3-2.Pareira untuk Uruguay gagal. Sepakannya melambung dan skor masih sama 3-2.Ghana gagal. Muslera sukses memblok bola yang diarahkan Adiyah di kiri bawah.Masuk! Abreu membuat kedudukan 4-2 sekaligus membawa Uruguay menembus semifinal.


Susunan Pemain:

Uruguay: 1-Fernando Muslera, 6-Mauricio Victorino,2-Diego Lugano (19-Andres Scotti 37'), 4-Jorge Fucile, 16-Maxi Pereira, 17-Egidio Arevalo, 15-Diego Perez, 9-Luis Suarez, 10-Diego Forlan, 20-Alvaro Fernandez (14-Nicolas Lodeiro 45'), 7-Edinson Cavani (13-Sebastian Abreu 75')

Ghana: 22-Richard Kingson, 5-John Mensah, 15-Isaac Vorsah, 2-hans Sarpei, 4-John Pantsil, 23-Kevin-Prince Boateng, 6-Anthony Annan, 3-Asamoah Gyan, 21-Kwadwo Asamoah, 11-Sulley Muntari (18-Dominic Adiyah 88'), 7-Samuel Inkoom (10-Stephen Appiah 74')

Sumber : http://pialadunia.detiksport.com
Share this article :

Post a Comment

Setiap komentar kamu akan sangat berarti bagi saya untuk bisa menjadi lebih baik....trim,s